Frequently asked questions

Apakah harga yang tertera sudah termasuk semua biaya (All-In)?

Semua harga yang tertera sudah termasuk biaya pengiriman ke Indonesia dan kemasan (packing) namun belum termasuk biaya administrasi Shopee.

Metode pembayaran apa saja yang diterima?

Saat ini, Mercatoria menerima pembayaran melalui dua metode, yaitu Down Payment (DP) atau pembayaran penuh (Full Payment). Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer bank BCA atau ShopeePay.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk pengiriman pesanan?

Terdapat 2 kondisi yang perlu dipahami terkait estimasi waktu pengiriman pesanan:

A
. Barang sudah rilis: Pesanan yang telah dikonfirmasi biasanya akan dikirim oleh toko resmi (official store) paling lambat dalam waktu 5 hari kerja. Estimasi waktu pengiriman ke Indonesia adalah sekitar 1,5 bulan (45 hari) sejak barang dikirim dari gudang di Tiongkok.

B.
Barang belum rilis (presale): Pelanggan harus menunggu hingga barang resmi dirilis sesuai jadwal yang ditentukan oleh toko resmi (official store). Jadwal perilisan dapat lebih cepat atau lebih lambat dari yang diumumkan. Setelah barang dirilis, pengiriman akan dilakukan dengan estimasi waktu pengiriman ke Indonesia sekitar 1,5 bulan (45 hari) sejak barang dikirim dari gudang di Tiongkok.

Saat ini, rata-rata toko resmi di Tmall membutuhkan waktu minimal 120 hari untuk pengiriman barang presale sejak tanggal pemesanan. Harap diperhatikan bahwa estimasi ini belum termasuk potensi keterlambatan akibat kendala di bea cukai, seperti pemeriksaan jalur merah (redline) atau faktor lain yang berada di luar kendali Mercatoria.

Apakah pesanan bisa dibatalkan?

Pesanan tidak dapat dibatalkan dengan alasan apa pun setelah proses pemesanan selesai. Namun, pesanan dapat dibatalkan jika kuota pembelian minimum yang ditentukan tidak terpenuhi dan dalam hal ini, pesanan akan menerima pengembalian dana penuh secara otomatis. Selain itu, jika pesanan dari toko resmi (official store) ternyata kosong atau tidak tersedia, pesanan juga akan dibatalkan dengan pengembalian dana penuh secara otomatis.

Jika terdeteksi adanya indikasi Hit and Run (HnR), Mercatoria berhak memblokir akun media sosialnya, memasukkan akun tersebut ke dalam daftar hitam (blacklist) dan tidak akan membuka blokir untuk alasan apa pun. Selain itu, Mercatoria berhak menolak untuk memproses pesanan ulang dari akun tersebut.

Apakah bisa melakukan request pembelian dari penjual di Taobao?

Ya, Mercatoria dapat membantu melakukan request pembelian dengan menghubungi penjual di Taobao terlebih dahulu untuk memastikan ketersediaan barang yang diinginkan. Namun, keaslian barang, kondisi barang atau risiko lainnya yang terkait dengan transaksi sepenuhnya berada di luar tanggung jawab Mercatoria.

Apakah bisa mengajukan permintaan untuk mencarikan barang tertentu?

Ya, Mercatoria dapat membantu mencarikan barang yang diinginkan. Namun, perlu diperhatikan bahwa jika barang tersebut bersifat limited atau eksklusif, peluang untuk menemukannya relatif kecil. Jika barang tersedia, harganya kemungkinan akan lebih tinggi dari harga standar.

Apakah mungkin untuk mengajukan permintaan pembelian produk dari Tmall yang tidak tercantum dalam kategori?

Tentu, permintaan dapat diproses selama produk yang diinginkan tersedia di platform Tmall.

Apakah dapat mendaftar sebagai reseller?

Ya, Mercatoria membuka kesempatan untuk mendaftar sebagai reseller. Anda dapat melakukan pendaftaran melalui tautan yang disediakan di sini.

Kapan pesanan akan diproses?

Semua pesanan non-presale akan diproses dan dipesan setiap tanggal 26 setiap bulan. Untuk pesanan presale, akan diproses dan dipesan barang paling lambat 2 hari sebelum masa preorder berakhir. Pastikan untuk melakukan pemesanan sesuai jadwal tersebut untuk memastikan kelancaran proses.

Apakah ada garansi untuk produk yang dibeli?

Semua produk yang dijual oleh Mercatoria bersumber dari toko resmi (official store) di Tmall. Namun, perlu diketahui bahwa sebagian besar produk tidak dilengkapi garansi karena kebijakan toko resmi yang tidak menyediakan pengembalian untuk cacat pabrik. Selain itu, kerusakan atau kehilangan akibat kelalaian kurir berada di luar tanggung jawab Mercatoria, sehingga tidak ada garansi atau pengembalian untuk kasus tersebut.

Bagaimana cara melacak status pesanan?

Status pesanan dapat dilacak melalui menu Status Pesanan yang tersedia di platform atau situs web resmi Mercatoria.

Apakah ada diskon untuk pembelian dalam jumlah besar?

Kami menyediakan kemungkinan diskon untuk pembelian dalam jumlah besar. Untuk informasi lebih lanjut mengenai syarat dan penawaran diskon, silakan hubungi tim kami untuk diskusi lebih lanjut.